:: Selamat Datang Di Laman Resmi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh :: Pimpinan dan Civitas Akademika Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Siap Mewujudkan Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ::Silahkan Anda Mengunjungi Laman https://infopmb.ppnp.ac.id/ Untuk Melihat Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 ::
  1. V I S I
  2. M I S I
  3. MILESTRONES
  4. PRODI - DIII
  5. PRODI - DIV

Laman Sistem Informasi  

   
   
   

 

 Sebanyak 427 wisudawan/ti Diploma III dan Diploma IV resmi di wisuda melalui rapat senat terbuka wisuda 1 tahun 2017 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang berlangsung di Gedung Serba Guna (Auditorium) Politani Payakumbuh, pada hari Sabtu 9 September 2017. Dalam kegiatan wisuda 1 tahun 2017 tersebut lulusan Jurusan Bududaya Tanaman Pangan berjumlah 226 wisudawan/ti terdiri dari 5 Program Studi, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan berjumlah 77 wisudawan/ti terdiri dari 2 Program Studi, dan Jurusan Teknologi Pertanian berjumlah 124 wisudawan/wati terdiri dari 3 Program Studi. Selain itu, terdapat 10 orang wisudawan/ti lulusan terbaik untuk tingkat Jurusan, serta 2 orang wisudawan/ti Diploma III dan Diploma IV  lulusan terbaik untuk tingkat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Dalam acara Wisuda 1 Tahun 2017, Direktur Politani Payakumbuh ibu Ir. Gusmalini, M.Si dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa menjadi seorang wisudawan bukanlah sebatas pada euforia kegembiraan saja. Namun, merupakan gerbang awal untuk menghadapi tantangan hidup yang sebenarnya. Direktur Politani Payakumbuh berharap agar wisudawan/wati menjadi seorang Wirausahawan dengan menerapkan inovatif, kreatif, kemampuan manajerial, kemampuan mengakumulasikan berbagai potensi, keberanian mengambil risiko, ulet dan jujur, yang mana kemampuan tersebut sudah mereka peroleh semasa dibangku kuliah. Selain itu Direktur juga menyampaikan agar lulusan menjaga nama baik almamater dengan melakukan tindakan-tindakan yang positif di tengah kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara.

 

Sebanyak 48 Wisudawan/ti Diploma II Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pidie Jaya binaan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh secara resmi di wisuda oleh Direktur AKN Pidie Jaya Ibu Ir. Gusmalini, M.Si, melalui rapat senat terbuka yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2017 bertempat di Kompleks Kantor Bupati lama di Meureudu.

Rapat Senat Terbuka Wisuda AKN Pidie Jaya juga dihadiri oleh Bupati Pidie Jaya Bapak H Aiyub Abbas, dan Ketua DPRK Bapak Armia Harun, serta turut hadir, Wabup Pijay, H Said Mulyadi SE, MSi, para Asisten Sekdakab, sejumlah Kepala SKPK, beberapa Ketua dan Anggota Senat AKN Politani Payakumbuh dan juga orangtua/wali Wisudawan/ti.

Dari 48 lulusan tersebut terdiri 25 Wisudawan/ti Program Studi Budidaya Peternakan dan 23 Wisudawan/ti Program Studi Teknologi Pangan. Dari keseluruhan lulusan, sebanyak 4 Wisudawa/ti berpredikat lulusan  dengan “Pujian”, 19 Wisudawa/ti predikat “Sangat Memuaskan”, sementara selebihnya 25 Wisudawa/ti lulus dengan predikat “Memuaskan”.

Direktur AKN Pidie Jaya ibu Ir. Gusmalini, M.Si dalam pidato sambutannya menyampaikan mengaku senang dengan terlaksananya acara wisuda  untuk yang pertama kalinya (perdana) sejak pendidikan formal hadir di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) tahun 2005 lalu. Direktur AKN Pidie Jaya menyampaikan kepada Kepada para Wisuwan/ti  “ bangunlah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh ini, dan bangsa Indonesia ini dengan inspirasi dan kreatifitas saudara miliki para generasi muda. Karena pemuda akan selalu menjadi People make history (orang yang membuat sejarah) di setiap waktunya”.

Dalam Kesempatan itu Bupati Pidie Jaya Bapak H Aiyub Abbas, menyampaikan akan mensupport para lulusan AKN, dan Pemerintah Kabupaten akan berusaha agar lulusan AKN mendapat kesempatan untuk menggeluti bidang usaha terutama khsusus bagi dua Prodi yang mereka dalami ilmu di bangku kuliah.

Rapat Senat Terbuka Wisuda AKN Pidie Jaya 2017 diakhiri dengan menampilkan tarian asal dua daerah (Aceh dan Sumatera Barat). Sumatera Barat dengan tarian daerahnya ayam denlapeh, sementara Aceh hadir dengan beberapa tarian khasnya.

 

Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani Payakumbuh) Ir. Elvin Hasman, MP mewisuda 421 orang lulusan untuk program Diploma III dan program Sarjana Terapan pada Acara Rapat Senat Terbuka Wisuda 1 Tahun 2018 di gedung serbaguna Politani Payakumbuh yang dilaksanakan  hari Sabtu 1 September 2018. Acara yang secara resmi dibuka langsung oleh Ir. Deni Sorel, M.Si selaku ketua Senat Politani Payakumbuh.

 

Dalam kegiatan wisuda tersebut lulusan terbanyak pada Jurusan Budidaya Tanaman Pangan berjumlah 215 orang lulusan yang terdiri dari Prodi Budidaya Tanaman Pangan (Program DIII) sebanyak 54 orang lulusan, Prodi Agribisnis (Program DIII) sebanyak 40 orang lulusan, Prodi Budi Daya Ternak (Program DIII) sebanyak 37 orang lulusan, Prodi Budi Daya Tanaman Hortikultura (Program DIII) sebanyak 45 orang lulusan, Prodi Pengelolaan Agribisnis (Program Sarjana Terapan) sebanyak 39 orang lulusan, diteruskan Jurusan Teknologi Pertanian berjumlah 126 orang lulusan yang terdiri dari Prodi Teknologi Pangan (Program DIII) sebanyak 37 orang lulusan, Prodi Tata Air Pertanian (Program DIII) sebanyak 50 orang lulusan, Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian (Program DIII) sebanyak 39 orang lulusan, dan pada Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan berjumlah 80 orang lulusan yang terdiri dari Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan (Program DIII) sebanyak 43 orang lulusan, dan Prodi Pengelolaan Perkebunan (Program DIII) sebanyak 37 orang lulusan.

 


 

 Pada acara wisuda 1 tahun 2018 tersebut juga dilakuan penyerahan Sertifikat Penghargaan dan berupa hadiah dari Stakeholder kepada 12 Lulusan Terbaik atas prestasi yang dicapai, diantaranya Monica Febriani sebagai Lulusan terbaik Tingkat program Diploma III dan Tingkat Prodi Agribisnis dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 4,00 , Siti Suleho Batubara sebagai Lulusan terbaik Tingkat program Sarjana Terapan dan Prodi Pengelolaan Agribisnis dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,93 , Lusi Rahmadani lulusan terbaik tingkat Prodi Budidaya Tanaman Pangan dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,90, Monica Effendi lulusan terbaik tingkat Prodi Budi Daya Ternak dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,88, Husnal Fatayat lulusan terbaik tingkat Prodi Budi Daya Tanaman Hortikutura dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,95, Rizka Indriani lulusan terbaik tingkat Prodi Teknologi Pangan dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,94, Yulisa Rahmi lulusan terbaik tingkat Prodi Tata Air Pertanian dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,60, Yulia Chyntia Hariati lulusan terbaik tingkat Prodi Mekanisasi Pertanian dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,89, Angga Darmayanto lulusan terbaik tingkat Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,82, Novia Reza lulusan terbaik tingkat Prodi Pengelolaan Perkebunan dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,78.

 

Direktur Ir. Elvin Hasman, MP dalam pidatonya Saudara bukan lagi seorang mahasiswa, hari ini Saudara adalah Wisudawan/ti, dan mulai besok Saudara adalah alumni Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Itu artinya Saudara adalah icon, Brand Ambasador bagi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Saudara adalah cerminan Politeknik di masyarakat. Kiprah Saudara di masyarakat akan menentukan nama baik Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Keberhasilan Saudara di tengah masyarakat akan membawa keberhasilan juga bagi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.  untuk itu saya berharap, kita dapat sama-sama menjaga nama baik almamater Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

 

Saudara sekarang sudah berhasil memperoleh gelar A.Md bagi Program Diploma III dan S.Tr bagi Program Sarjana Terapan, itu tidak akan berarti apa-apa jika Saudara  tidak bisa menunjukkan kompetensi yang Saudara miliki. Kita semua tahu bahwa sekarang kita berada di Era Revolusi Industri 4.0 dimana era digital, teknologi berkembang sangat pesat dan sumber daya manusia dianggap sebagai faktor utama untuk mendukung keberhasilan sebuah negara di Era Revolusi Industri 4.0. Pemerintah Indonesia sendiri terus mendorong pendidikan SDM Lokal. Karena jangan sampai kita hanya menjadi penonton di Era Revolusi Industri 4.0. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 ini, dari mulai penyesuaian mata kuliah, menggulirkan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi, pengembangan terhadap Politeknik, dan peningkatan laboratorium.Saudara sebagai lulusan Politeknik jangan sampai juga hanya menjadi penonton di Era Revolusi Industri 4.0 ini. Karena Saudara berasal dari pendidikan vokasi yang mana lebih banyak melakukan praktek daripada teori. Saudara harus ada di dalamnya dengan membuktikan bahwa saudara mempunyai kemampuan, mempunyai kompetensi yang dibutuhkan di Era Revolusi Industri 4.0. “

 

 

Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pidie Jaya yang merupakan PDD binaan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, pada hari Kamis 25 Oktober 2018 menggelar wisuda untuk angkatan ke 2 (dua). Wisudawan/ti dilantik secara resmi oleh Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Ir. Elvin Hasman, MP, dalam rapat senat terbuka yang berlangsung di Gedung Serba Guna Teungku Chiek Di Pante Geulima.

 

Wisuda Angkatan ke 2 sebanyak 59 Wisudawan/ti lulusan Diploma II, terdiri dari 32 orang Program Studi Peternakan dan 27 orang Program Studi Teknologi Pangan. Dalam Kegiatan Wisuda tersebut dihadiri langsung Ketua Senat, Sekretaris, dan Anggota Senat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Selain itu, turut hadir  Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya berserta Muspida.

 

Direktur Politani Payakumbuh, Ir Elvin Hasman, MP, dalam sambutan pidatonya antara lain mengatakan, suatu kebanggaan kepada kami Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh karena diberikan kepercayaan untuk membina Program Studi Diluar Domisili Akademi Komunitas Negeri Pidie Jaya.

 

“Kami butuh dukungan Pemda untuk mendukung Program AKN Pidie Jaya kemasyarakat. Dan kami sebagai Perguruan Tinggi Pembina akan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk menjadikan PPD AKN Pidie Jaya bisa menjadi Satker” .

 

Sementara itu, Wakil Bupati Pidie Jaya H Said Mulyadi, SE, MSi,  dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan harapannya kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di AKN Pidie Jaya dan  hari ini mengambil toga kebanggaannya.

 

“Kami dari pemerintah Pidie Jaya, tentu saja akan berupaya agar AKN ini menjadi cikal bakal lahirnya Perguruan Tinggi Negeri di Pidie Jaya, seperti Unigha Sigli, Poltek Lhokseumawe dan lainnya. Mohon dukungan dari  seluruh elemen masyarakat untuk mendukung AKN Pidie Jaya agar lebih cepat mandiri dan menjadi Politeknik Kabupaten  Pidie Jaya,“ harap Wakil bupati yang juga Pembina AKN Pidie Jaya.

   

PENGUNJUNG  

1093416
Hari Ini
Kemaren
Minggu Ini
Minggu Kemaren
Bulan Ini
Bulan Kemaren
Total Pengunjung
742
2904
16771
1060942
7051
88195
1093416

Your IP: 172.16.60.254
2023-02-04 18:25
   
   
© POLITANI PAYAKUMBUH