:: Selamat Datang Di Laman Resmi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh :: Pimpinan dan Civitas Akademika Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Siap Mewujudkan Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ::Silahkan Anda Mengunjungi Laman https://infopmb.ppnp.ac.id/ Untuk Melihat Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 ::
  1. V I S I
  2. M I S I
  3. MILESTRONES
  4. PRODI - DIII
  5. PRODI - DIV

Laman Sistem Informasi  

   
   
   

          Politeknik Pertanian Negeri Payakubuh pada hari Jum’at (9/2/2018) menggelar Rapat Senat Tertutup Untuk Penilaian dan Penetapan 3 Calon Direktur Periode 2017 – 2021. Berdasarkan hasil pemungutan dan perhitungan suara yang telah dilaksanakan pada Rapat Senat Tertutup tersebut.

Dengan ini Senat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh telah melaksanakan proses penyaringan dan menetapkan 3 Calon Direktur Periode 2017 – 2021, yang mana sebelumnya terdapat 7 bakal calon yaitu :

  1. Ir. Benny SatriaAchmad, MP
  2. Ir. Edi Joniarta, M.Si
  3. Ir. Irwan A., M.Si
  4. Ir. Yudistira, M.Si
  5. Dr. Ir. Benny Warman R., MP
  6. Ir. Elvin Hasman, MP
  7. Ir. Irwan Roza, MP

dan hasil penyaringan menjadi 3 Calon Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Periode 2017 – 2021 adalah sebagai berikut (diurut berdasarkan abjad):

  1. Ir. Benny Satria Achmad, MP
  2. Ir. Elvin Hasman, MP
  3. Ir. Irwan Roza, MP

Dengan demikian disampaikan bahwa 3 (tiga) calon Direktur diatas akan mengikuti tahap pemilihan Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang direncanakan pelaksanaannya pada tanggal 7 Maret 2018. Pada tahap pemilihan ini Menteri atau pejabat kuasa menteri yang ditunjuk (hak suara 35% dari total pemilih yang hadir) akan melaksanakan proses pemilihan bersama-sama dengan Senat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, dimana penilaian dan penetapan Direktur terpilih berdasarkan jumlah perolehan suara terbanyak.

 

 

Website: http://pildir.politanipyk.ac.id/

 

 

Jum'at (08/03) bertempat di ruang sidang 3 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh berlangsung kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan Wakil Direktur. Dalam kegiatan tersebut Direktur Ir. Elvin Hasman, MP melantik tiga Wakil Direktur terpilih untuk masa periode 2019-2023. Tiga Wakil Direktur tersebut adalah Ir. Harmailis, M.Si sebagai Wakil Direktur I, Ir. Edi Joniarta, M.Si, sebagai Wakil Direktur II dan Ir. Darmansyah, MP, menjabat Wakil Direktur III.

Pelantikan dan serah terima jabatan Wakil Direktur ini juga dihadiri Ketua Senat Ir. Deni Sorel, M.Si dan Anggota, Wakil Direktur III periode 2014-2018 Ir. Irwan. A, M.Si, Kepala Unit di Lingkungan Politani dan seluruh civitas akademika Politani serta tamu undangan lainnya. Bertindak sebagai saksi pada pelantikan tersebut Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswan dan PSI Khazanatul Israr, SP dan Kepala Bagian Umum Yuzalman, SH.

 

 

Direktur Elvin Hasman, MP dalam pidatonya menyampaikan ucapan selamat kepada Wakil Direktur baru yang telah dilantik. Elvin Hasman menegaskan bahwa jabatan tugas tambahan yang diemban ini adalah amanah yang harus dijalani dengan rasa syukur dan tanggung jawab tinggi. Harapan Direktur para Wadir dapat segera bersinergi dalam menjalankan roda kepemimpinan di Politani Payakumbuh untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan dalam era revolusi industry 4.0.

 

 

Selanjutnya Direktur menyampaikan bahwa di era revolusi industry 4.0 ini peran perguruan tinggi sangat strategis untuk menghasilkan SDM unggul dan kompeten agar mampu berkontribusi positif pada pembangunan bangsa. Tak lupa Elvin Hasman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur, Wakil Direktur I, II, dan III sebelumnya yang telah berkontribusi dalam memajukan Politani sehingga Politani maju dan berkembang pesat dan diminati oleh banyak lulusan sekolah menengah.

 

Sabtu (6/07/2019), Sedang berlangsung kegiatan penanaman bibit dan aksi bersih yang dilaksanakan di Desa/Jorong Buluh Kasok Nagari Sarilamak Kecamatan Harau, kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Budidaya Tanaman Perkebunan (HIMABUN) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dan bekerja sama dengan  PLN UP 3 Unit Payakumbuh. Penyelenggara kegiatan juga turut mengundang Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, kegiatan tersebut dihadiri oleh Manager PLN UP 3 Unit Payakumbuh, beserta Wali Nagari dan Kepala Jorong Buluh Kasok. Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara mahasiswa, kariawan PLN dan terutama masyarakat disekitar kampus, serta kegiatan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan rasa solidaritas sosial masyarakat terhadap lingkungan sekitar demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat .

 

 

 

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh menandatangani Nota Kesepahaman dengan BNI cabang Payakumbuh yang bertempat di Ruang Sidang I Politani, Jumat 15 Maret 2019. Penandatangan dilakukan oleh Direktur Ir. Elvin Hasman, MP dengan Pemimpin Bidang Layanan BNI Cabang Payakumbuh, Soesilo, SE, MM disaksikan juga oleh Wakil Direktur I, II, III, Jajaran Pimpinan di Lingkungan Politani serta Bagian Marketing BNI Cabang Payakumbuh.

 

Dalam sambutannya Elvin Hasman mengharapkan bahwa dengan perjanjian kerjasama ini, Politani sebagai lembaga pendidikan tinggi lebih berkembang lagi dengan dukungan pihak perbankan, terutama dalam memajukan dunia pendidikan. Kerjasama yang telah terjalin ini bukan semata di lingkup keuangan, namun mendukung pengembangan sisi Akademis dengan peningkatan layanan IT Akademik dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0.

 

 

 

Senada dengan Direktur Politani, Soesilo wakil BNI Cabang Payakumbuh mengungkapkan, sebagai salah satu BUMN, PT BNI (Persero) Kantor Cabang Payakumbuh turut ambil bagian dalam berbagai segi kehidupan masyarakat Indonesia , salahsatunya bidang Pendidikan. Kepedulian Bank BNI terhadap bidang Pendidikan dibuktikan dengan terjalinnya kerjasama antara BNI dengan Politani Negeri Payakumbuh.

 

Lebih lanjut Soesilo, menyampaikan bahwa banyak hal yang didapat dari jalinan kerjasama ini, seperti manfaat yuridis sebagai dasar hukum dalam hal mengambil kebijakan dan keputusan,  juga manfaat ekonomi yang saling menguntungkan kedua belah pihak dengan tetap mematuhi aturan-aturan dan hukum yang berlaku. “PT. Bank BNI akan berkomitmen terus untuk memajukan pendidikan masyarakat Indonesia, sebagai lembaga keuangan  adalah hal wajar apabila perbankan berorientasi pada peningkatan kinerja atau bisnis, namun dewasa ini tujuan utama suatu Bank tidak hanya sebatas itu saja, melainkan lebih mengarah untuk ikut serta dalam pembangunan dan pertumbuhan bangsa” ujar Soesilo.

 

 

Diharapkan dari nota kesepahaman ini yang telah ditandatangani kedua belah pihak, akan ada kerjasama lanjutan pada bidang-bidang yang memberikan manfaat bagi Politani dan PT.Bank BNI serta dunia pendidikan.

([email protected], This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)

 

Tanjung Pati (25/7/2019) , Politeknik Payakumbuh menggelar kegiatan BIMTEK Pemeliharaan Arsip bersama Biro Keuangan dan Umum Sekretariat Jendral Kemenristekdikti. Sebanyak 39 orang tenaga administrasi hadir sebagai peserta, yang berasal dari  masing-masing unit kerja yang ada di Politani Payakumbuh. Kegiatan BIMTEK Pemeliharaan Arsip ini dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur II dan juga turut hadir dalam acara tersebut Pimpinan Unit yang ada dilingkungan Politani Payakumbuh.

 

 

            Bapak Ir.Edi Joniarta, M.Si selaku Wakil Direktur II dalam sambutannya Sangat mendukung terlaksananya kegitan BIMTEK ini, dan berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai (24 Juli s.d 25 Juli 2019), sehingga dengan ilmu yang didapat selama kegiatan berlangsung, kedepannya tenaga administrasi tersebut mempunyai tanggung jawab untuk mengelola, memelihara arsip-arsip yang ada pada masing-masing unit. Sebelumnya kita sudah menyusun buku Pedoman Sistem Klasifikasi Kamanan dan Akses (SKKAD) dan buku Pedoman Klasifikasi Arsip, oleh sebab itu jadikanlah buku pedoman tersebut untuk sebagai petunjuk dalam pembuatan surat tata naskah dinas dan pengelolaan arsip yang ada pada masing-masing unit”. Selain itu Bapak Ir.Edi Joniarta, M.Si juga menyampaikan kedepan akan memperbaiki tata kelola pembuatan surat naskah dinas dan pemeliharaan kearsipan serta pimpinan juga berjanji akan memfasilitasi untuk sarana dan prasarana pendukung, sehingga kedepannya pengelolaan kearsipan Politani Payakumbuh menjadi lebih baik.

 

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh menambah 6 (enam) Doktor, masing-masing Dr. Edi Syafri, ST, MT setelah menyelesaikan pendidikan program Doktoral di Universitas Andalas (Unand)  dengan judul Pengembangan Cellulose Nano Fibers (CNF) Rami (Boehmeria nivea) Untuk Filler Material Bioplastik Komposit dengan Matriks Pati Tapioka. Dr. Iis Ismawati, S.Hut, M.Si program Doktoral di Univeritas Brawijaya Malang, dengan judul Disertasi  “Dampak budaya merantau etnis Minangkabau terhadap peningkatan ketahanan pangan rumahtangga petani padi: pendekatan model ekonomi rumahtangga” Dr. Ramaiyulis, S.Pt, MP judul Disertasi : Manipulasi fermentasi rumen dengan ampas daun gambir untuk meningkatkan effisiensi ransum dan performa sapi Bali. Selanjutnya Dr. Fri Maulina, SP, MP yang akrab  dipanggil  “Olin” menyelesaikan program Doktor di Program Studi S3 Ilmu Pertanian Faperta Universitas Andalas dengan judul Disertasi “ Keanekaragaman spisies dan Bioekologi Parasitoid telur walang sangit (Leptocorisa oratorius fabricius), (Hemiptera alydidae)di Sumatera Barat.Dr. Yuni Ernita, S.TP, MP Doktor di Program Studi S3 Ilmu Pertanian Faperta Universitas Andalas judul disertasi : Model pengembangan industry kakao dan Bioetanol limbah kulit kakao di Sumatera Barat, dan Doktor keenam yaitu Dr. Eka Susila, SP, MP dengan judul Disertasi “ Budidaya bawang merah (Allium ascalonicum. L)pada lahan kering dataran tengah Sumatera Barat dengan pemanfaatan Fungi Mikoriza arbuskula (FMA)indigenos”

 

Direktur Politani Ir. Elvin Hasman, MP yang didampingi Ir. Harmalis, M.Si sebagai Wakil Direktur I menyampaikan ucapan selamat dan  mengapresiasi keberhasilan ke-enamnya, “Politani saat ini memiliki dosen bergelar Doktor sebanyak 16 orang, yang tersebar di 11 Progam Studi Politani. Ada 11 orang yang sedang menjalani pendidikan program Doktor di Universitas Dalam dan Luar Negeri dan ditahun 2019 ini ada 5 orang dosen yang akan berangkat ucap Elvin Hasman.

 

Orang nomor satu di jajaran Politani tersebut mematok beberapa target, yakni untuk 2020  Politani Negeri Payakumbuh harus di masuk peringkat 10 (sepuluh) besar dari 43 Politeknik Negeri dibawah Kemenristekdikti, Pembukaan Program Alih Jenjang D3 ke D4, Program S-2 Terapan, serta membuka beberapa program studi baru seperti : Teknologi Informasi Pertanian, Teknologi SDA dan Lingkungan dan Teknologi Landskap. “Mengenai progress tahun 2019 kami akan berlakukan pemanfaatan teknologi informasi. Pada prinsipnya Politani berkeinginan mengubah mindset untuk maju dan membangun citra lebih baik lagi.” tegas Direktur.

 

Wakil Direktur I Bidang Akademik Ir. Harmailis, M.Si berharap, kepada dosen tetap Politani yang masih berpendidikan S2 dan masih mempunyai kesempatan sesuai aturan agar termotivasi untuk melakukan studi lanjut pada tingkatan Doktor. “Saat ini banyak beasiswa yang ditawarkan oleh Kemenristekdikti. Tentu ini sebuah kesempatan untuk meraihnya.” Disamping hal tersebut, Harmailis menyampaikan bahwa dengan potensi yang dimiliki, Politani berencana akan membuka program alih jenjang dari D-3 ke D-4 serta S-2 Terapan atau lebih dikenal dengan istilah Magister Terapan. Program ini pun menjadi alternative pilihan studi pascasarjana. Tujuannya, untuk menyiapkan tenaga terampil sesuai bidang terkait yang dibutuhkan oleh Instansi di Sumatera Barat dan provinsi tetangga. Wakil Direktur yang mengawangi bidang Akademik ini menambahkan bahwa S-2 Terapan itu cocok juga untuk guru SMK yang menempuh S1 di bidang umum, lalu ingin melanjutkan ke studi terapan, asalkan jurusan yang ditempuh bersifat linier.

(@israr, This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)

Subcategories

   

PENGUNJUNG  

1093564
Hari Ini
Kemaren
Minggu Ini
Minggu Kemaren
Bulan Ini
Bulan Kemaren
Total Pengunjung
890
2904
16919
1060942
7199
88195
1093564

Your IP: 172.16.60.254
2023-02-04 19:27
   
   
© POLITANI PAYAKUMBUH