:: Selamat Datang Di Laman Resmi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh :: Pimpinan dan Civitas Akademika Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Siap Mewujudkan Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ::Selmat Datang Mahasiswa Baru Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Tahun Akademik 2023/2024 ::
  1. V I S I
  2. M I S I
  3. MILESTRONES
  4. JURUSAN
  5. PRODI

Laman Sistem Informasi  

   
   
   

 

Padang, 20 Mei 2024 – Dalam upaya mempercepat penguatan ekosistem kemitraan di Sumatera Barat, Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP), dan Sekolah Vokasi Universitas Negeri Padang telah berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumbar untuk menyelenggarakan Konsultasi Delphi. Kegiatan ini fokus pada Penyusunan Innovation Planning Berbasis Potensi Daerah, yang berlangsung di Hotel Truntum Padang dari tanggal 20 hingga 22 Mei 2024.

Konsultasi ini dihadiri oleh tiga pakar terkemuka: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Provinsi Sumbar, Medi Iswandi ST., MM; Pakar Ekonomi dari Universitas Andalas, Prof. Dr. Elfindri SE., MA.; dan Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Sumbar, Hefinanur, SE., ME. Mereka diundang untuk merumuskan strategi inovasi yang akan mendukung dan memperkuat kemitraan regional.

Acara dibuka oleh Direktur PNP, Dr. Ir. Surfa Yondri, ST., SST., M.Kom, yang menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan vokasi untuk mengatasi tantangan ketenagakerjaan serta perkembangan ekonomi lokal dan global. "Kami berharap kegiatan ini menghasilkan rencana aksi yang efektif untuk mempercepat penguatan ekosistem kemitraan di wilayah kami," ujar Surfa Yondri.

Dr. Nurul Fauzi, SE., MM., Ak., CA, Ketua Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi Sumbar, mengatakan bahwa konsultasi Delphi ini adalah kelanjutan dari inisiatif sebelumnya yang juga melibatkan para pakar untuk mengevaluasi peluang dan tantangan ekonomi serta ketenagakerjaan di Sumbar. "Kegiatan ini diharapkan dapat merumuskan fokus pada potensi unggulan Sumbar yang akan mendukung pembangunan berkelanjutan," tambah Nurul.

Selama konsultasi, para pakar mempresentasikan potensi makro Sumbar dan mengidentifikasi tiga sektor unggulan yang bisa dijadikan pilar utama perekonomian daerah: pertanian, pariwisata, dan industri kreatif. Mereka juga membahas solusi untuk mengatasi kendala yang ada, termasuk manajemen hulu hilir, pembekalan keterampilan merintis dan mengembangkan usaha bagi mahasiswa vokasi, serta pemasaran kreatif.

Diskusi teknis yang diadakan sebagai tindak lanjut dari presentasi para pakar ini bertujuan untuk memvalidasi dan merumuskan rencana inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah konkret dalam memajukan ekonomi dan ketenagakerjaan di Sumatera Barat melalui kolaborasi yang erat antara Pemda, institusi pendidikan, dan para pemangku kepentingan lainnya.

 

suumber : https://www.vokasindo.com/2024/05/pnp-ppnp-dan-sekolah-vokasi-unp-bersama.html

 

Tim Humas PPNP

   

PENGUNJUNG  

2836573
Hari Ini
Kemaren
Bulan Ini
Bulan Kemaren
Total Pengunjung
5307
5124
110376
120781
2836573

Your IP: 172.16.60.254
2024-07-21 20:24
   
   
© POLITANI PAYAKUMBUH